Komponen Sistem Informasi

Adapun komponen-komponen dasar sistem informasi adalah sebagai berikut:

Masukan (Input)

Komponen input berfungsi untuk menerima semua input (masukan dari pengguna. Inputan yang diterima dalam bentuk data. Data ini berasal dari satu maupun beberapa buah sumber.

Keluaran (Output)

Komponen output berfungsi untuk menyajikan hasil akhir ke pengguna sistem informasi. Informasi yang disajikan ini merupakan hasil dari pengolahan data yang telah diinput sebelumnya.

Peranti lunak (software)

Komponen perangkat lunak mencakup sistem operasi, aplikasi dan driver. Komponen perangkat lunak melakukan proses pengolahan data, penyajian informasi, perhitungan data dan lain-lain.

Peranti keras (hardware)

Perangkat keras meliputi komputer server beserta komponen didalamnya, komputer jinjing beserta komponen didalamnya, mobile device (tablet, smartphone). Termasuk juga didalamnya hub, switch, router, yang berperan dalam jaringan komputer.

Basis Data (database)

Komponen basis data berfungsi untuk menyimpan semua data dan informasi kedalam satu atau beberapa tabel.

Kontrol dan prosedur

Komponen kontrol dan prosedur adalah dua buah komponen menjadi satu. Komponen kontrol berfungsi untuk mencegah terjadinya beragam gangguan dan ancaman terhadap data dan informasi yang ada di dalam sistem informasi. Komponen prosedur mencakup semua prosedur dan aturan yang harus dilakukan dan wajib ditaati bersama, guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Teknologi dan Jaringan Komputer

Komponen teknologi mengatur software, hardware, database, kontrol dan prosedur, input dan output, sehingga sistem dapat berjalan dan terkendali dengan baik.

(Pratama, 2014:11-14, Sistem Informasi dan Implementasinya Edisi Pertama, Penerbit Informatika Bandung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *