On-Line

On-line adalah interaksi yang dilakukan melalui sistem komputer interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik mempergunakan jaringan intenet.

Transaksi on-line adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli  secara on-line melalui media internet, tidak ada perjumpaan langsung antara pembeli dan penjual.

Manfaat transaksi on-line adalah:

  1. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media komputer dan tidak terbatas jarak dan waktu.

  1. Menurunkan biaya operasional (operating cost)

Transaksi on-line  adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.

  1. Melebarkan jangkauan (global reach).

Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.

  1. Meningkatkan customer loyalty.

Ini disebabkan karena sistem transaksi on-line menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.

  1. Meningkatkan supply management

Transaksi on-line menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *